Profil Kami

Pemerintah Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep memiliki komitmen kuat untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Lewat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sejahtera Bersama, mereka mulai merintis industri kripik yang berbahan dasar buah-buahan yang ada di desa Padanglampe. Industri keripik buah ini baru dirintis pada Desember 2018 lalu. Namun, produksi dan pemasaran baru dimulai awal bulan Maret 2019.

Meskipun daerah pemasarannya masih diwilayah Padanglampe, Sukarman selaku Kepala Desa Padanglampe optimis produk olahan dari masyarakat ini bisa bersaing dengan produk-produk lainnya. Sebab, proses pengolahannya juga dilengkapi dengan standar operasional prosedur (SOP). Kegiatan produksi kita lakukan secara terpusat dirumah Ibu Wahida yang berlokasi di Desa Padanglampe dan dikerjakan oleh manajemen Bumdes dengan SOP tertentu. Hal ini kami lakukan untuk menjamin dan mengontrol standar kualitas produksi. Keripik buah yang diporduksi masyarakat ini bermacam-macam. Ada keripik yang terbuat dari Ubi, pisang dan juga olahan dari bahan baku terigu.

Adapun tahapan pembuatan keripik ini dimulai dengan mengupas dan dibersihkan dengan air. Kemudian diris iris dengan ketebalan tertentu setelah matang, buah bisa dilihat dengan tanda tidak ada lagi gelembung dipermukaan minyak goreng selanjutnya ditiriskan dengan menggunakan mesin peniris. Setelah kadar minyak sudah tidak ada lagi maka dilanjutkan dgn proses pengemasan dan branding produk. Dengan harga Rp. 5.000 perkemasan, produk keripik buah ini memiliki keunggulan tersendiri. Wahida menjelaskan bahwa keunggulan dari produk ini yakni bagi belum pernah ada produk kripik dari bahan dasar buah yang telah disebutkan diatas.

Kripik ini tetap memunculkan berbagai macam rasa Mulai dari manis, asin dan pedas, Sukarman yang mewakili masyarakat desa, pengurus BUMDes dan Pengelola Unit Usaha memiliki harapan, pemasaran produk keripik buah ini dapat menjangkau semua kalangan dan masuk kesupermarket supermarket. Apabila permintaan pasar meningkat maka produksi juga harus ditingkatkan sehingga semakin banyak pula warga di Desa kami yg bisa diberdayakan baik sebagai tenaga kerja maupun petani buah.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dikelola Oleh Ibu Wahida yang memiliki karyawan sebanyak 20 Orang di SK Selain itu Usaha ini juga menjual kue jajanan Tradisional sperti jalangkote, roti goreng, bakwan dan lain lain. “KAREPE” adalah bahasa bugis pangkep yang artinya Keripik yang menjadi Logo pada kemasan keripik tersebut. Keripik olahan dari karyawan BUMDES ini menghasilkan 100 kemasan setiap bulannya, kemudian dijual pada toko-toko terdekat di Desa Padanglampe.

 

Keranjang Belanja
0 item produk
Rekening Pembayaran
No. Rek : 123.45.678910
an. Wahida
Statistik Pengunjung
 

Pengunjung Online : 1
Pengunjung Hari Ini : 20

Link Terkait

LOGIN ANGGOTA

Anda anggota? bila tidak DAFTAR, di sini.